Beranda Kutai Timur Kasmidi Minta KSP Kopdit Jadi Wadah Pengembangan Ekonomi Daerah

Kasmidi Minta KSP Kopdit Jadi Wadah Pengembangan Ekonomi Daerah

55 views
0

Wabup Kasmidi saat menghadiri peresmian Kantor KSP Kopdit Pintu Air Sangatta. Foto : Nasruddin/Pro Kutim

SANGATTA – Wakil Bupati (Wabup) Kutai Timur (Kutim) Kasmidi Bulang menghadiri peresmian Kantor Koperasi Simpan Pinjam (KSP) dan Koperasi Kredit (Kopdit) Pintu Air Rotat Indonesia Cabang Sangatta. Peresmian berlangsung di Kantor Cabang Sangatta Jalan Hidayatullah, Selasa (22/11/2022).

Dalam sambutannya, Wabup Kasmidi Bulang memberikan apresiasi kepada KSP Kopdit Pintu Air Sangatta. Lahir di tahun 2018 dan sekarang asetnya sudah mencapai Rp 8 miliar dan menjadi salah satu organisasi di bidang ekonomi yang bisa memberikan solusi yang aman.

“Karena tidak semuanya koperasi itu aman, kalau ini bisa dipastikan aman saya juga tadi sempat bertanya ke Ketua KSP pusat, ternyata 1,7 triliun asetnya. Artinya bukan hanya warga NNT, warga Kutim pun mau gabung di sini pasti aman,” ucapnya.

Lebih lanjut, ia mengajak kepada masyarakat khusus masyarakat NTT untuk bergabung di KSP Kopdit Pintu Air dan menjadikannya sebagai wadah organisasi pembelajaran dalam mengembangkan bidang ekonomi lebih berkembang.

Sementara itu, Ketua Pengurus Pusat Kopdit Pintu Air Yakobus Jano menjelaskan bahwa Pintu Air lahir pada 1 April 1995 di dusun Rotat, Desa Ladogahar, Kecamatan Nita, Kabupaten Sikka, NTT. Dirintis oleh 50 warga dusun Rotat, Pintu Air lahir karena keprihatinan terhadap situasi ekonomi tak menentu. Kini anggotanya sudah mencapai 335.720 orang dengan asset Rp 1,7 triliun lebih.

Dengan demikian, lembaga ini tentu telah teruji, aman dan nyaman bagi siapa pun untuk melakukan investasi dan aktivitas simpan pinjam juga menikmati aneka fasilitas layanan unggul yang ada.

Yakobus menegaskan bahwa Pintu Air adalah koperasi nasional milik bersama seluruh lapisan masyarakat Indonesia dan keanggotaan steril dari sekat perbedaan suku, agama dan golongan.

Ia mengajak para pelaku ekonomi, kalangan profesional dan warga nelayan, petani, peternak, buruh untuk bergabung bersama KSP Kopdit Pintu Air.

Tokoh Koperasi Nasional dan juga Wakil Bupati Sikka Romanus Woga pada kesempatan mengupas tuntas itu nilai-nilai dasar koperasi yang harus dipatuhi semua pengelola dan manajemen koperasi yakni perilaku, visioner (memiliki visi ke depan), jujur, integritas, keteguhan dan pengabdian.

Dihadapan Wabup Kasmidi, para undangan dan anggota gerakan Kopdit di Kota Sangatta, Romanus juga menceritakan kisah pengalamannya bergelut di dunia koperasi dan sepak terjangnya hingga saat ini.

Sebelumnya, Ketua Komite KSP Kopdit Pintu Air Cabang Sangatta Yulius Nong Plea mengatakan dengan peningkatan Kantor Cabang Sangatta dari KSP diharapkan mampu mengoptimalkan pelayanan bagi warga masyarakat Kutim dalam mengakses fasilitas layanan simpan pinjam berbasis koperasi.

Lebih lanjut, ia menjelaskan KSP Sangatta sudah berdiri sejak tahun 2018 dan telah memiliki anggota 1.080 orang di bulan November 2022. Total aset yang ada saat ini adalah Rp 8 miliar. Pinjaman Rp 5 miliar, simpanan saham Rp 4 miliar lebih dan non saham Rp 3 miliar lebih.

“Untuk pengurus KSP Kopdit Pintu Air Sangatta ada 8 orang. 1 orang manajer, 1 orang kasir, 2 orang tim penagih, 2 orang tenaga kontrak dan 2 orang komite,” jelasnya.

Sekadar diketahui, peresmian Kantor Cabang Sangatta didahului dengan penyambutan tokoh koperasi nasional Romanus Woga, Ketua Pengurus Pintu Air Yakobus Jano dan jajaran pengurus pengawas, manajemen kantor pusat secara tata cara adat. (kopi14/kopi13)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here