Beranda Keagamaan Kadinsos Kutim Bacakan Sambutan Bupati di At-Taibiin Margosantoso “Selamat Iduladha 1444 H...

Kadinsos Kutim Bacakan Sambutan Bupati di At-Taibiin Margosantoso “Selamat Iduladha 1444 H dan Berkurban”

154 views
0

Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) H Ernata Hadi Sujito. Foto: Istimewa

SANGATTA- Satu diantara pejabat lingkup Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) yang kebagian tugas membacakan sambutan Bupati pada Hari Raya Iduladha 1444 hijriah, Kamis (29/6/2023) adalah Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) H Ernata Hadi Sujito. Dengan mengenakan baju Dan celana putih, orang nomor satu di lingkup Dinsos Kutim tersebut membacakan sambutan Bupati di hadapan jemaah Salat Id di Masjid At-Taibiin Jalan Margosantoso, Desa Sangatta Utara.

“Alhamdulillah (pembacaan sambutan Bupati Kutim) berjalan dengan baik dan lancar,” jelas Ernata usai melaksanakan tugasnya.

Sebelumnya, dalam sambutan tertulis, Bupati Kutim H Ardiansyah Sulaiman mengajak masyarakat untuk terus meningkatkan ketaqwaan dan kesabaran Di momen Iduladha kali ini. Sebabnya, ketaqwaan dan kesabaran adalah modal utama untuk melewati kondisi pandemi beberapa tahun terakhir. Taqwa adalah istiqomah menjalankan perintah Allah Subhannahu wa Ta’ala (SWT) dan menjauhi larangannya. Sembari terus mengikuti imbauan dan anjuran pemerintah untuk menjaga kesehatan dengan membudayakan hidup bersih dan sehat.

“Seraya merenungkan kembali keteladanan agung Nabi Ibrahim dan putranya Nabi Ismail yang telah teruji memiliki keikhlasan, kekuatan hati dan ketaatan mutlak terhadap perintah Allah SWT untuk mengorbankan putra tersayangnya, Nabi Ismail untuk dikurbankan,” ujarnya.

Ibadah kurban sendiri, sambung Ardiansyah, merupakan ibadah mahdhah yang terikat oleh syarat dan rukun sesuai ketentuan syar’i, dilaksanakan di bulan Dzulhijjah pada setiap tahun pada kalender Hijriah. Selain itu, ia menyampaikan Pemerintah Indonesia Tahun 1444 H/2023 M ini telah memutuskan memberangkatkan jamaah haji. Berdasarkan keputusan dari Pemerintah Kerajaan Arab Saudi dan Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama telah mengeluarkan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 189 Tahun 2023 Tentang Kuota Haji Indonesia Tahun 1444 H/2023 M. Kuota haji Indonesia pada tahun ini berjumlah 221.000 orang, terdiri dari 203.320 orang untuk kuota haji reguler dan 17.680 orang untuk kuota haji khusus.

“Adapun kuota haji reguler untuk Kabupaten Kutim sendiri berjumlah 174 orang dari 2.586 orang untuk Provinsi Kaltim dengan memprioritaskan jamaah haji yang lanjut usia untuk pelayanannya,” sebutnya.

Ibadah haji merupakan rukun Islam yang kelima yang diwajibkan bagi setiap orang yang memenuhi persyaratan. Karena itu, ibadah haji adalah ibadah yang memadukan antara fisik dan non fisik, orang yang berangkat haji dituntut memiliki kualitas fisik yang prima, karena ia akan menapak tilas perjalanan Rasulullah Saw mulai dari Wukuf di Arafah, Mabit di Mudzalifah, Mabit di Mina, Melontar Jumrah, Tawaf Ifadah, Sa’i dan Tahallul. Tanpa fisik prima mustahil rangkaian manasik itu dapat dilaksanakan. Kedudukan haji sangat penting dalam komunitas masyarakat Islam. Orang yang menunaikan haji ikhlas karena Allah, terpenuhi syarat dan rukunnya dan insyaallah hajinya mabrur dan diterima, balasannya surga.

Terakhir, atas nama Pemkab Kutim Bupati mengucapkan Selamat Hari Raya Iduladha 1444 H dan selamat menjalankan ibadah kurban. Termasuk kepada warga Kutim yang sedang dalam perjalanan ibadah haji. Mengajak seluruh masyarakat untuk berdoa bersama-sama agar jemaah haji yang saat ini sedang menunaikan rangkaian-rangkaian ibadah haji dapat sampai ke tempat tujuannya dan kembali ke Tanah Air dengan selamat serta dalam ridho Allah SWT serta menjadi Haji mabrur. (kopi3).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini