Beranda Keagamaan Jadwal Keberangkatan Haji Berubah – Jamaah Kutim Diprediksi Tergabung Kloter 5

Jadwal Keberangkatan Haji Berubah – Jamaah Kutim Diprediksi Tergabung Kloter 5

303 views
0

MASIH MENUNGGU: Calon jamaah haji Kutim dalam momen bimbingan manasik beberapa pekan lalu bersama Bupati Ismunandar. Kemenag Kutim masih menunggu informasi terbaru jadwal keberangkatan. (Foto: Irfan Humas)

SANGATTA-Kabar terbaru jadwal keberangkatan Jamaah Haji di Embarkasi Balikpapan kemungkinan mengalami perubahan karena adanya penambahan kuota.

Kepala Kantor Kementarian Agama (Kemenag) Kutai Timur (Kutim) Ambotang melalui Kasi Penyelenggaran Haji dan Umrah, Sofyansyah, menerangkan jamaah haji asal Kutim 216 orang yang awalnya masuk dalam Kloter 10 Embarkasi Balikpapan, kini berubah dan rencananya lebih cepat berangkat.

“Perubahan terjadi karena adanya perubahan jadwal penerbangan setelah terjadi penambahan kuota,” terangnya.

Sofyan menambahkan, sebelumnya dalam pembagian kloter Embarkasi Balikpapan dijatah ada 15 Kloter melayani jamaah Kaltim, Kaltara, Sulteng, dan Sulut yang totalnya mencapai 6.826 orang termasuk petugas.

“Sebelumnya Kutim  di Kloter 10 bersama jamaah asal Paser sebanyak 254 orang, sementara Kutim ada 195 orang ditambah 5 sehingga menjadi 455 orang,” katanya menambahkan Kloter 10 berangkat ke Jeddah tanggal 1 Agustus 2019 Pukul 07.55 Wita.

Namun berdasarkan jadwal terbaru, Kaltim mendapat pembagian untuk 6 Kloter. Kloter 1  berangkat ke Madinah pada 19 Juli 2019 Pukul 07.00 Wita, sementara Kutim diperkirakan Kloter 5 yang dijadwalkan masuk asrama haji pada tanggal Senin (22/7)  pukul 14.00 Wita, kemudian berangkat ke Jeddah dengan pesawat Garuda Indonesia Nomor Penerbangan GA 4103 pada pukul 14.30 Wita pada Selasa (23/7).

Adanya perubahan jadwal pemberangkatan, menurut Sofyan otomatis jamaah haji Kutim diberangkatkan maju 10 hari, namun tidak merubah status Kutim masuk dalam gelombang dua yang rute perjalanannya  Balikpapan – Jeddah – Makkah, Arafah, Mina – Makkah dan Madinah kembali ke Balikpapan.

“Kami masih menunggu informasi kepastian pembagian kloter kemungkinan dalam beberapa hari kedepan, namun kami memperkirakan  Kutim masuk Kloter 5, sedangkan Kloter 1 dan 2 umumnya daerah yang jumlah jamaahnya utuh seperti Samarinda dan Balikpapan,” tutupnya. (hms13)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini