Beranda Humas Kutim Kutim Gelar Apel Kesiapsiagaan Pengamanan Jelang Pelantikan Presiden dan Wapres

Kutim Gelar Apel Kesiapsiagaan Pengamanan Jelang Pelantikan Presiden dan Wapres

61 views
0

Suasana apel gabungan, apel siaga pengaman menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI, di Halaman Polres Kutim. (Foto: Ist)

SANGATTA – Gabungan TNI/Polri menggelar apel siaga pengaman menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, Jokowi dan Maruf Amin, di halaman Polres Kutai Timur(Kutim), Selasa (16/10/2019). Turut hadir, DPRD Kutim Hj Encek UR Firgasih, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), Sekretaris Kabupaten H Irawansyah, tokoh masyarakat atau paguyuban, OKP, Ketua FKUB, dan perwakilan partai politik.

Apel gabungan yang dimulai pukul 08.30 wita ini, dipimpin oleh Dandim 0909 Sangatta Letkol CZI Pabate. Peserta apel terdiri dari, Kodim 0909 Sangata, Lanal Sangata, POM AD dan AL, Sat Sabara,  gabungan Reskrim dan Intel dan gabungan Staf Polres Kutim, Sat Lantas Polres Kutim dan Senkom Kutim.

Letkol CZI Pabate, mengatakan apel kesiapsiagaan tersebut merupakan, kegiatan yang sudah direncanakan sejak awal. Dimana penahapan  pemilu berlangsung sampai dengan selesainya pelatikan Presiden dan Wakil Presiden RI.

“Ini merupakan perintah dari pimpinan, dari masing-masing Instansi. Baik dari TNI dan Polri, agar melaksanakan apel kesiapsiagan dalam rangka mengamankan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden,” ungkapnya CZI Pabate.

Kegiatan ini wajib dan harus laksanakan, sambungnya,  untuk menjamin keamanan khususnya kabupaten Kutim tetap aman tertib dan aman dan tenang. Melalui apel gabungan itu, Dia mengharapakan kepada seluruh TNI-POLRI agar terus meningkatkan kesiapsiagaan secara maksimal pencegahan, yang dapat menggangu pelatikan presiden dan wakil presiden.

“Meningkatkan dektesi dini, baik dari aparat intelejen Baninsa dan Binmas, untuk lebih dini mencegah hal-hal yang dapat menganggu pelantikan Presiden dan Wakil Presiden dan sebagai kita sebagai prajurit harus siap siaga,” tegasnya.

Sementara itu, Kapolres Kutim, AKBP Teddy meminta seluruh masyarakat Kutim agar dapat menjaga kelancaran dan kesuksesan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden.

“Kita jaga pelantikan Presiden, termasuk di Kutim. Mari kita bersama-sama menjaga kondusifitas didaerah kita. salah satunya dengan cara menyukseskan pelantikan Presiden,” ucapanya.

Usai apel pengamanan tersebut, kegiatan dilanjutkan dengan deklarasi mendukung pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024. Pembacaan deklarasi dipimpin oleh Ketua DPRD Kutim Encek UR Firgasih dan diikuti oleh seluruh unsur muspida, ormas dan perwakilan partai.

Adapun isi deklarasi itu, yakni, bertekad menyukseskan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI yang aman, damai dan sejuk  serta menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI ) di wilayah Kutim  berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Berikut, menolak semua bentuk provokasi yang dapat menyebabkan perpecahan antar etnis, agama, golongan dan menimbulkan kerusuhan sosial di wilayah Kutim. Serta, tetap menjalin silaturahmi dan komunikasi sesama elemen masyarakat yang berbeda suku, agama dan golongan, sehingga tetap terjaga rasa persaudaraan untuk mewujudkan persatuan bangsa. (hms15)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here