Beranda Pertanian Pjs Bupati Kembali Lakukan Kunker ke Kaubun – Lakukan Tanam Perdana Bawang...

Pjs Bupati Kembali Lakukan Kunker ke Kaubun – Lakukan Tanam Perdana Bawang Merah

480 views
0

Pjs Bupati Kutim Moh Jauhar Efendi didampingi Kadistan Kutim Sugiono dam Camat Kaubun Riyanto serta sejumlah pejabat lainnya, saat melakukan penanaman bawang merah di kelompok tani Sinar Mulia, desa Mata Air, kecamatan Kaubun. (Foto: Wahyu Yuli Artanto Pro Kutim)

KAUBUN – Pjs Bupati Moh Jauhar Efendi mengaku gembira bisa hadir dan bersama-sama petani berkesempatan menanam bawang merah di desa Mata Air, Kecamatan Kaubun, Kamis (12/11/2020) yang dikelola kelompok tani Sinar Mulia. Dia mengajak kepada para petani untuk memaksimalkan lahan bisa ditanami guna lebih produktif lagi.

“Apabila tanaman bawang merah ini berhasil, akan memberikan kesejahteraan bagi petani di sini. Jika bibit satu ton dan hasilnya bisa mencapai 10 ton, ini luar biasa. Terlebih apabila harganya mahal saat panen nanti, bisa meningkatkan perekonomian petani,” kata Jauhar.

Hadir pada acara itu antara lain, Kadis Pertanian Kutim Sugiono, perwakilan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikuktura Provinsi Kaltim, Rini Sulistyowati perwakilan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Kaltim Hadiyanto, Camat Kaubun Riyanto, Kades, penyuluh pertanian, sejumlah perwakilan OPD, perwakilan perusahaan dan para petani.

Asisten Pemerintahan Umum dan Kesra Setprov Kaltim ini setuju dengan Kadis Pertanian Kutim, tanaman bawang merah ini harus dikawal, lantaran rentan hama dan penyakit. Jika dikawal dengan baik, diharapkan menghasilkan produksi yang melimpah. Jika bawang merah bisa berhasil ditanam di Kaubun dan menghasilkan sesuai yang diharapkan, tentunya bakal meningkatkan kesejahteraan petani di sini. “Ini bisa menjadi sejarah bahwa bawang merah bisa juga ditanam di Kaubun,” kata Jauhar.

Kadis Pertanian Kutim Sugiono mengatakan, selain tanam bawang merah, juga ada tanam lombok, cokelat, durian musang king, semangka dan semuanya tersebar di beberapa daerah.

“Saya akan bersurat ke BPTP (Balai Pengkajian Teknologi Pertanian), agar tanaman bawang merah ini dikawal, lantaran rawan hama,” kata Sugiono.

Dia berharap, dengan tanaman bawang merah dan beberapa komoditas yang ditanam di Kaubun ini, memiliki berkah dan bisa bermanfaat bagi masyarakat setempat.

Pada kesempatan itu, Camat Kaubun Riyanto mengatakan, tanaman bawang merah ini diharapkan bisa tumbuh dengan baik. “Kami mengucapkan terima kasih, karena belum lama ini pemerintah telah memasok bantuan bibit cokelat, kemudian bawang merah,” kata Riyanto.

Dijelaskan, rencananya kelompok tani Sinar Mulia ini bakal menanam bawang merah sebanyak 3.5 ton dengan luas areal sekitar 3,5 hekatre. Untuk sementara lahan yang sudah siap satu hektare dengan tanaman berjumlah satu ton. (hms7/hms2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here