Beranda Kutai Timur PT GAM Gencarkan Aksi Sosial – 177 Anak Pesisir Kutim Disunat Massal

PT GAM Gencarkan Aksi Sosial – 177 Anak Pesisir Kutim Disunat Massal

265 views
0

Momen pelaksanaan khitanan. (Ist)

SANGKULIRANG – Sebanyak 177 anak-anak diwilayah pesisir Kutai Timur (Kutim) dikhitankan di dua lokasi berbeda. Mereka merupakan anak warga sekitar tambang perusahaan PT Ganda Alam Makmur (GAM) yang dikhitankan di Aula Puskesmas, Kecamatan Sangkulirang dan Puskesmas Pembantu, Desa Pengadan Kecamatan Karangan.

Kegiatan tersebut berlangsung mulai Senin (14/12/2020) sampai dengan hari Kamis, (17/12/2020). Menyasar siswa Sekolah Dasar yang belum di khitan dari Sekolah-Sekolah Dasar yang berada di Kecamatan Sangkulirang, Kaubun, dan Kecamatan Karangan. Bekerja-sama dengan UPT Kesehatan Kecamatan Sangkulirang, UPT Pendidikkan Sangkulirang, UPT Pendidikkan Kaubun, UPT Pendidikkan Karangan dan UPT Kesehatan Kecamatan Karangan.

Dalam pelaksanaan kegiatan itu, tidak ada hambatan. Kecuali hujan yang terus mengguyur di wilayah Pesisir Kutim. Dokter Markus Sambo, Pimpinan Puskesmas Sangkulirang menyatakan bahwa kegiatan ini telah dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya oleh PT GAM, dan sangat bermanfaat bagi warga masyarakat, khususnya generasi muda. Dia berharap semoga kegiatan sosial seperti ini dapat terus dilaksanakan.

“Seperti yang anda lihat, kegiatan juga kami laksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat, agar kita semua terhindar dari COVID-19 yang semakin bertambah jumlah orang yang terpapar virus di Kutai Timur”, ujar Dokter yang kerap disapa Dokter Markus ini.

“Kegiatan juga dipantau langsung oleh Organisasi Perangkat Kerja Daerah (OPD) Kecamatan Sangkulirang pada hari Selasa (15-12-2020), yaitu Camat Sangkulirang, Danramil Sangkulirang, Kapolsek Sangkulirang, dan Kepala Syahbandar Sangkulirang, untuk memastikan bahwa dalam pelaksanaannya mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan” sambung beliau.

Selanjutnya, Kepala Desa Pengadan, M Jabir, mengatakan bahwa dia sangat berterima-kasih kepada PT GAM karena telah mendukung penuh kegiatan Sunatan Massal ini.

“Seperti tema kegiatan yaitu Menjalin Kepedulian Dengan Mewujudkan Generasi Muda Yang Sehat, kita harapkan agar semua perusahaan yang berada di wilayah ini juga mempunyai kepedulian yang sama terhadap generasi muda seperti halnya PT. GAM” ujar beliau.

Kakak kandung dari salah seorang anggota DPRD Kaltim ini menyatakan bahwa kepedulian perusahaan, dalam hal ini PT GAM, telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Pengadan. “Bangunan ini salah satunya serta banyak lagi hal lain lagi yang telah kami terima. Terimakasih banyak PT GAM” ujar beliau.

Sementara itu, Daru Kusumo, CDO departemen CSR dan LA PT GAM mengungkapkan bahwa PT GAM bakal terus menjalin komunikasi yang harmonis dengan masyarakat sekitar tambang lewat kegiatan-kegiatan seperti ini.

“Tentu dengan harapan agar kehadiran PT Ganda Alam Makmur dapat diterima oleh semua lapisan masyarakat yang pada akhirnya akan memberikan dampak positif bagi perusahaan maupun masyarakat sekitar tambang” kata Daru.

Pria asal Jogjakarta ini juga mengatakan bahwa selama ini stakeholder yang ada telah banyak memberikan dukungan terhadap kegiatan Community Development PT GAM.

“Semoga kedepannya kerja-sama yang baik ini dapat lebih ditingkatkan lagi. Dan kami terus berharap agar masyarakat terus mendukung kegiatan PT GAM agar dapat memberikan manfaat bagi perkembangan ekonomi di wilayah ini,” ujarnya di sela kegiatan.

Turut terlibat dalam pelaksanaannya UPT Pendidikkan dari ketiga Kecamatan tersebut. Dukungan yang diberikan adalah berupa data siswa penerima manfaat dan pendampingan terhadap anak didik mereka selama kegiatan berlangsung.

Muhammad Nur, Kepala UPT Pendidikkan Kecamatan Kaubun, menyatakan kekagumannya terhadap kepedulian PT. GAM dengan cara yang cukup unik,” PT. GAM, luar biasa!” ujarnya singkat seraya tersenyum dan mengacungkan jempolnya.(hms7/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here