Bupati Kutai Timur (Kutim) H Ardiansyah Sulaiman didampingi Wabup H Kasmidi Bulang serta Unsur Pimpinan Forkopimda di ruang Meranti, Sekretariat Kabupaten, Rabu (1/6/2022), mengikuti peringatan Hari Lahir Pancasila yang dipusatkan di Lapangan Pancasila, Kota Ende, Nusa Tenggara Timur. (Wahyu Yuli Artanto)

SANGATTA- Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama membumikan dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Pancasila bukan hanya telah mempersatukan seluruh rakyat Indonesia. Pancasila juga telah menjadi bintang penuntun ketika bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan ujian-ujian.

“Ini sudah dibuktikan berkali-kali dalam perjalanan sejarah bahwa bangsa dan negara kita bisa tetap berdiri kokoh menjadi negara yang kuat. Karena kita semua sepakat untuk berlandaskan pada Pancasila, “ ujar Jokowi saat memberikan sambutan pada Peringatan Hari Lahir Pancasila yang dipusatkan di Lapangan Pancasila, Kota Ende, Nusa Tenggara Timur, yang juga di ikuti secara Daring (Online) oleh Bupati Kutai Timur (Kutim) H Ardiansyah Sulaiman didampingi Wabup H Kasmidi Bulang serta Unsur Pimpinan Forkopimda di ruang Meranti, Sekretariat Kabupaten, Rabu (1/6/2022).

Jokowi juga mengingatkan, seluruh warga Indonesia harus betul-betul mengamalkan dan memperjuangkan Pancasila. Dengan cara di wujudkan dalam sistem kemasyarakatan, kebangsaan dan kenegaraan. Serta mengimplementasikan dalam tata kelola pemerintahan dan juga menjiwai interaksi antar sesama anak bangsa. 

“Inilah tugas kita bersama, tugas seluruh komponen bangsa, menjadikan Pancasila sebagai ideologi oleh seluruh tumpah darah Indonesia,“ kata Presiden mengingatkan.

Diakhir sambutan, Jokowi yang hadir bersama Istri Ny Iriana Jokowi, nampak serasi menggunakan pakaian adat Ende atau dikenal dengan sebutan Ragi Lambu-Luka Lesu, mengajak seluruh pemimpin bangsa, untuk menjadi teladan, menjadi contoh dalam aktualisasi nilai-nilai Pancasila. Terutama para pejabat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, para pemimpin partai politik, para pemimpin dan tokoh-tokoh ormas para pemimpin-pemimpin lainnya. 

“Serta mengajak seluruh masyarakat untuk bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju, mewujudkan cita-cita proklamasi kemerdekaan,“ tutupnya.

Sementara itu, Bupati Kutim H Ardiansyah Sulaiman, ditemui usai kegiatan mengatakan, peringatan Hari Pancasila kali ini cukup menarik. Karena dipusatkan di Kabupaten Ende, Provinsi NTT yang diketahui menjadi tempat lahirnya Pancasila. Dirumuskan oleh Bung Karno (Presiden RI pertama Ir Soekarno) saat masa pengasingan oleh Belanda kala itu.

“Ini juga menjadi salah satu bentuk apresiasi yang diberikan Presiden kepada masyarakat di Kota Ende,“ ujarnya.

Tak lupa, pada momen peringatan Hari Lahir Pancasila ini Ardiansyah juga mengajak kepada seluruh masyarakat, khususnya di Kutim, untuk bersama-masa menjaga Pancasila sebagai dasar negara. Dengan selalu mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai wujud cinta bangsa dan negara. Serta mengajak semua  untuk selalu berbangga dengan segala upaya yang telah dilakukan para pahlawan dan pejuang. Guna mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia. (kopi6/kopi3).

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here