Beranda Kutai Timur TP PKK Gelar Pelatihan Dasa Wisma – Sangsaka Zona Terakhir 2018

TP PKK Gelar Pelatihan Dasa Wisma – Sangsaka Zona Terakhir 2018

69 views
0

SANGKULIRANG – Sekretaris TP PKK Kutim dr Yuwana Sri Kurniawati menjelaskan pihaknya sesuai instruksi Ketua TP PKK Kutim Ny Hj Encek UR Firgasih melaksanakan pelatihan dasa wisma secara menyeluruh disemua kecamatan. Zona pesisir atau Sangsaka menjadi yang terakhir di 2018 ini. Yakni Kecamatan Sangkulirang, Kaliorang, Kaubun, Karangan dan Sandaran.

Yuwana menjelaskan, berdasarkan Peraturan Menteri Nomor 1 Tahun 2013 tentang Pemberdayaan Masyarakat melalui Gerakan Pemberdayaan Masyarakat dan Kesejahteraan Keluarga, bahwa Kelompok Dasa Wisma adalah kelompok yang berada dibawah Tim Penggerak PKK Desa/Kelurahan yang dapat dibentuk berdasarkan kewilayahan. Dasa Wisma terdiri dari 10 – 20 rumah tangga atau sesuai dengan situasi dan kondisi daerah setempat, dengan susunan keanggotaaan seorang ketua dan sekretaris yang dipilih sebagai kelompok potensial terdepan dalam pelaksanaan program PKK.

“Tujuan kelompok Dasa Wisma ini adalah membantu kelancaran tugas-tugas pokok dan program PKK Kecamatan dan Desa,” kata Yuwana.

Oleh karena itu, sambung Yuwana, Dasa Wisma sebagai salah satu wadah kegiatan masyarakat yang memiliki peran penting dalam pelaksanaan program – program kegiatan PKK ditingkat desa, yang nantinya akan berpengaruh pula pada kegiatan gerakan PKK ditingkat Kecamatan dan Kabupaten. Untuk itu, perlu dilakukan penguatan dalam Dasa Wisma. Karena berdasarkan data yang ada, Dasa Wisma Kabupaten Kutai Timur dalam satu tahun terakhir mengalami perkembangan yang luar biasa.

“Tampak diawal-awal tahun 2017 Dasa Wisma Kutim berkisar 1000 peserta, kemungkinan 50 persennya belum aktif. Namun dengan adanya kegiatan penguatan dan suport dari Ketua TP PKK Kabupaten Kutim, Hj Encek U.R Firgasi, maka ditahun belakangan ini dilakukan penguatan Dasa Wisma mulai dari pembinaan maupun pelatihan – pelatihan. Termasuk pelatihan yang dilaksanakan hari ini, adalah zona terakhir ditahun 2019 dalam pelatihan Dasa Wisma ,” terang Yuwana.

Dia menuturkan, pelatihan Dasa Wisma tahap pertama telah dilaksanakan di Zona Sangatta Utara, Sangatta Selatan, Teluk Pandan dan Bengalon pada Mei 2018. Tahap kedua dilaksanakan tanggal 26 September 2018 di Zona Muara Wahau, Kongbeng, Telen dan Batu Ampar. Tahap ketiga dilaksanakan di zona Muara Bengkal, Muara Ancalong, Long Mesangat dan Busang pada 29 September 2018. Yang terakhir yaitu zona Sangsaka hari ini, 21 Oktober 2018 yaitu untuk lima wilayah yaitu Kecamatan Sangkulirang, Kaliorang, Kaubun, Karangan dan Sandaran.

“Sampai saat ini ada 1.600 Dasa Wisma yang sudah terbentuk. Alhamdulilah berkat dukungan dari Ketua TP PKK Kutim Hj Encek U.R Firgasi dalam setahun terakhir ini, para Camat semangat dan berlomba-lomba membentuk Dasa Wisma di semua Kecamatan dan Desa masing – masing,” tuturnya.

Yuwana mengatakan peserta pelatihan Dasa Wisma kali ini terdiri dari Ketua TP PKK Kecamatan dan Sekretaris, Kepala Desa, Ketua TP PKK Desa/Keluarahan dan kader Dasa Wisma dari setiap Desa. Total peserta sebanyak 150 peserta. Adapun narasumber dari TP PKK Kabupten, pelaksanaan dilaksanakan selama satu hari di Balai Pertemuan Umum Kecamatan Sangkulirang.

Kegiatan di pesisir kali ini dirangkai dengan gerakan minum susu (gerimis) yang merupakan kegiatan kerjasama TP PKK Kutim dengan Dinas Pendidikan Kutim. Dibuka resmi Bupati Kutai Timur H Ismunandar, di Balai Pertemuan Umum (BPU), Minggu (21/10/2018). Dihadiri Wakil Ketua DPRD Kutim Hj Encek UR Firgasi yang juga Ketua TP PKK Kutim, didampingi putri tercinta Rezky Amalia. Disaksikan para camat 5 Kecamatan tersebut, perwakilan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemkab Kutim serta puluhan guru TK, PAUD di wilayah Sangsaka. (hms15)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here